Lomba Menulis Jurnalistik Kuatkan Literasi Pelajar Purworejo

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Purworejo menyelenggarakan lomba menulis jurnalistik untuk pelajar di wilayahnya. Komunitas jurnalis ingin membantu menguatkan kemampuan literasi para pelajar di Kabupaten Purworejo. 

Panitia membagi lomba untuk jenjang SMP dan SMA. "PWI Purworejo bekerjasama dengan Pemkab Purworejo, baik penyelenggaraan tingkat SMP maupun SMA," ungkap Ketua Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) ke-35 PWI Kabupaten Purworejo, Budi Agung Jatmiko, kepada KRJOGJA.com, Kamis (23/1/2020). 

Menurutnya, lomba menulis menjadi pilihan mengingat adanya indikasi ancaman penurunan minat baca dan menulis pelajar, akibat maraknya penggunaan gawai di Indonesia. Arus informasi yang semakin cepat, katanya, membuat generasi muda terutama pelajar kerap tidak menelaah lebih mendalam berbagai kabar yang diterima. 

Akibatnya, kata Agung, kerap terjadi disinformasi di kalangan pelajar. Agung mencontohkan saat peristiwa demonstrasi penolakan revisi RUU KPK beberapa waktu lalu. Ketika itu, ada sekelompok pelajar dari Purworejo yang ingin ikut-ikutan demo, hanya terpengaruh ajakan di media sosial, padahal mereka tidak tahu substansi tuntutan demo itu. "Untuk itu, literasi pelajar perlu dikuatkan, salah satunya lewat lomba menulis," ucapnya. 

PWI menentukan tema Wisata Purworejo untuk lomba kategori SMP dan Generasi Muda dan Literasi bagi jenjang SMA. "Silakan membuat karya sebaik-baiknya, gunakan berbagai sumber informasi yang ada, misalnya dari internet," katanya. 

Pengumpulan hasil lomba dibatasi hingga 31 Januari 2020. Hasilnya akan diumumkan pada 5 Februari 2020, sedangkan penyerahan hadiah direncanakan pada puncak peringatan HPN PWI Purworejo pada 8 Februari 2020. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Purworejo Sukmo Widi Harwanto mengemukakan, dinas mendukung sepenuhnya pelaksanaan lomba tersebut. "Kami sangat mendukung, sebab adanya lomba ini akan meningkatkan minat tulis dan baca pelajar," tandasnya.(Jas)

BERITA REKOMENDASI