Lomba RUD 2018 Kebumen Angkat Wisata Hingga LGBT

Editor: KRjogja/Gus

KEBUMEN (KRJOGJA.com) – Panitia Lomba Riset Unggulan Daerah (RUD) 2018 Kabupaten Kebumen mengangkat isu kepariwisataan, fenomena lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT), kependudukan dan pengelolaan sampah, sebagai tema lomba tersebut.

" Empat isu pokok itu kemudian kami kembangkan menjadi 6 buah tema yang bisa dipilih salah satunya oleh para calon peserta RUD ini. Panitia nantinya akan memilih 6 peserta sebagai pemenang dan setiap pemenang akan mendapatkan bantuan biaya riset sebanyak-banyaknya Rp 21 juta termasuk pajak yang berasal dari APBD 2018 Kebumen. Total hadiah yang kami sediakan sebesar Rp 126 juta," ungkap Kepala Badan PenelitianPerencanaan dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kebumen, Djoenedi Faturachman MSc, di ruang kerjanya, Selasa (27/03/2018).

Adapun keenam tema lomba yaitu Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Lama Tinggal Wisatawan di Kabupaten Kebumen, Multiplier Effect Pengembangan Kepariwisataan di Kabupaten Kebumen, Model Pola Kemitraan Pemerintah Kabupaten Kebumen dengan Masyarakat dalam Pengembangan Potensi Pariwisata di Kecamatan Ayah. Juga, Tinjauan Sosiologis : Fenomena LGBT di Kabupaten Kebumen, Dampak Bonus Demografi dan Upaya Optimalisasinya di Kabupaten Kebumen serta Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat.

"Program RUD ini dimaksudkan untuk meningkatkan peran dan kontribusi masyarakat secara perorangan, kelompok maupun lembaga penelitian membantu memecahkan berbagai persoalan pembangunan di Kabupaten Kebumen. Karena itu, kami berharap masyarakat dari lembaga penelitian, lembaga penelitian dan pengembangan, lembaga swadaya masyarakat, perguruan tinggi maupun perorangan tergerak untuk mengikuti lomba ini," ujar Djoenedi. (Dwi)

BERITA REKOMENDASI