Longsor di Sawangan Rusak Rumah Warga

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG, KRJOGJA.com – Dinding sebuah kamar bangunan rumah milik Kardi (30) warga Dusun Sintok Desa Gantang Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang, jebol akibat diterjang material tebing samping rumahnya yang longsor, Sabtu (4/1/2020). Bahkan material longsor juga ada yang menumpuk di ruas jalan atau gang dusun.

Hal ini dibenarkan Tim Reaksi Cepat (TRC) 07 BPBD Kabupaten Magelang di Kecamatan Sawangan Irianto P kepada KRJogja.com, Sabtu malam. Dikatakan, material longsor juga ada yang sempat menumpuk di ruas jalan dusun dengan ketebalan sekitar 1 meter hingga 1,5 meter.

Dikatakan, tanah longsor tersebut terjadi diawali dengan turunnya hujan cukup deras sejak pukul 12.00 hingga 13.30. Tanpa diduga tanah tebing yang memiliki ketinggian sekitar 8 meter dan berada di samping kanan bangunan rumah Kardi (30) ambrol dengan lebar sekitar 4 meter. Material yang longsor ini ada yang sempat mengenai dinding salah satu kamar rumah milik Kardi yang belum ada isinya. Dinding rumah terbuat dari batako.

Selain itu, material yang longsor juga ada yang menumpuk di ruas jalan atau gang dusun yang tebalnya sekitar 1 meter hingga 1,5 meter. Mengetahui hal ini, masyarakat bersama relawan, BPBD Kabupaten Magelang, Polsek Sawangan, Koramil Sawangan maupun lainnya melakukan kerja bakti membenahi tumpukan material, sehingga ruas jalan atau gang tidak tertutup lagi. Demikian juga material yang menerjang dinding kamar.

Ada dua bangunan rumah warga yang berada di atas tebing, yaitu rumah Maryono (22) dan rumah Suroso Subar (35). Manakala terjadi tebing longsor lagi, dikhawatirkan akan berpengaruh terhadap keberadaan dua bangunan rumah tersebut. (Tha)

 

 

 

 

BERITA REKOMENDASI