Longsor Landa Beberapa Wilayah di Magelang

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Hujan mengguyur wilayah Kota dan Kabupaten Magelang, termasuk kawasan kaki Gunung Merbabu Magelang, Sabtu (09/05/2020). Akibat guyuran hujan tersebut, tanah tebing di wilayah Desa Gantang Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang longsor. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun material longsor ada yang sempat mengenai dinding pagar atau rumah.

Hal ini dibenarkan Kapolsek Sawangan AKP Soedjarwanto. Ia mengatakan longsor ini seperti yang terjadi di wilayah Dusun Popohan dan Dusun Sintok. Longsor juga terjadi di beberapa titik lain dalam kategori kecil. “Meskipun demikian material longsor tersebut sempat menumpuk di ruas jalan antar dusun, sehingga kendaraan mobil sulit melintas,” ungkapnya.

Di wilayah Dusun Sintok longsor terjadi di 2 titik. Tebing tinggi sekitar 4 meter dan panjang 5 meter mengalami longsor, dan material longsor mengenai dinding rumah warga.

Hal serupa juga terjadi akibat longsor di titik lain, yaitu pada tanah tebing yang memiliki ketinggian sekitar 4 meter dan panjang sekitar 8 meter. Karena cuaca masih hujan, dan masih memiliki potensi longsor susulan, penanganan longsor ini belum dapat dilakukan secara maksimal.

Longsor juga terjadi di wilayah RT 01 RW 09 Dusun Popohan Desa Gantang, tanah tebing tinggi sekitar 2 meter dan panjang sekitar 4 meter longsor setelah diguyur hujan sejak Sabtu siang.

Material longsor ada yang mengenai dinding rumah warga, menutup saluran drainase serta menumpuk di ruas jalan. Masyarakat maupun lainnya ada yang sudah melakukan kerja bakti, diantaranya untuk penanganan pembersihan rumah warga yang terkena material longsor. (Tha)

BERITA REKOMENDASI