Longsor Landa Sidosari, Rumah Warga Rusak

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG (KRjogja.com) – Sebuah rumah rusak parah dan rata dengan tanah saat longsor melanda wilayah Dusun Pulungan Desa Sidosari Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang, Selasa (27/09/2016) malam. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun beberapa sepeda motor juga ikut menjadi korban dan tertimbun.

Hingga Selasa malam sekitar pukul 21.30 belum banyak yang dapat dilakukan, mengingat kondisinya yang gelap dan khawatir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Bahkan ada beberapa warga yang mengungsi ke rumah saudaranya yang lebih aman.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Magelang Drs Sujadi kepada KRjogja.com di lokasi kejadian mengatakan, rumah yang menjadi korban tanah longsor tersebut milik Fadhoil (55) yang kondisinya rata dengan tanah. Juga rumah kosong milik Ghozali yang tertimbun material longsor, sedang rumah Mat Yasin (50) terkena bagian depannya.

“Sekitar pukul 17.30 keberadaan tanah gerak di sekitar lokasi sebenarnya sudah diketahui. Tanah tebing tersebut memiliki kemiringan sekitar 45 derajat. Di bagian atas bukit terdapat areal pesawahan dan kolam ikan,” katanya.

Sementara itu tanah longsor beberapa hari lalu juga terjadi di wilayah Dusun Wonokriyo Desa Majaksingi Kecamatan Borobudur Magelang. Tanah longsor terjadi di beberapa titik dan menutup akses jalan, diantaranya akses jalan dari Jagalan menuju ke puncak Suroloyo.

Warga bersama relawan beberapa komunitas, TNI dan Polri serta tim BPBD Kabupaten Magelang melakukan kerja bakti membenahi dan membersihkan tumpukan tanah yang menutup akses jalan.Tanah longsor juga terjadi di beberapa titik di wilayah Dusun Nganggrung Desa Wonolelo Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang, Minggu (25/9/2016) sore lalu. Warga pun langsung melakukan pembenahan dan membersihkan lokasi longsor, termasuk membuka akses jalan. (Tha)

BERITA REKOMENDASI