Longsor Putuskan Jalan Windusari – Gondangrejo

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Masyarakat di wilayah Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang terpaksa harus melewati ruas jalan lain setelah jalan yang menghubungkan wilayah Desa Windusari menuju ke Desa Gondangrejo mengalami putus, Kamis (03/12/2020) dini hari. Putusnya jalan ini tepatnya berada di wilayah Dusun Jeketro Desa Windusari.

Camat Windusari Subiyanto di lokasi longsor mengatakan pada Rabu (02/12/2020) tengah malam sekitar pukul 23.00 WIB longsor di lokasi sudah terjadi. Hanya saja pada saat itu longsor baru terjadi pada separuh ruas jalan.

Longsor kembali terjadi Kamis dini hari sekitar pukul 01.00 WIB yang menyebabkan seluruh bagian jalan terputus. Bahkan ada juga sebagian lahan tanaman jagung di dekatnya juga ikut longsor.

Longsor susulan juga masih terjadi Kamis siang, diantaranya sekitar pukul 08.25 WIB dan 08.55 WIB. Longsor susulan ini menyebabkan lahan tanaman jagung maupun lainnya di dekatnya semakin luas yang ikut longsor.

“Beberapa warga yang ada di sekitar lokasi juga ada yang langsung berteriak meminta agar masyarakat menjauh dari lokasi kejadian, karena khawatir longsor susulan terjadi lagi. Petugas Polsek Windusari juga langsung memasang garis polisi di sekitar lokasi agar masyarakat tidak mendekat ke lokasi yang longsor,” ungkapnya.

Dari hasil asesmen di lokasi ditemukan adanya retakan tanah yang memanjang. Bahkan ada juga di bagian ujungnya yang sudah turun sekitar 1 meter.

Dikatakan Camat Windusari, untuk longsor ini dinilai cukup parah untuk suatu perbaikan. Karena itu akses air bersih bagi masyarakat Desa Gondangrejo juga dibenahi, mengingat dengan putusnya jalan ini juga memutus pipa jaringan air bersih dari wilayah atas menuju ke Desa Gondangrejo.

Di atas lokasi areal yang longsor juga ada saluran irigasi. Rabu lalu hujan cukup deras turun di wilayah Windusari, dan itu berlangsung lama. Luapan air cukup banyak ini diduga memicu terjadinya longsor sehingga memutuskan ruas jalan antar desa tersebut. (Tha)

BERITA REKOMENDASI