Longsor Rusak Lima Rumah Warga Temanggung

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Hujan dengan intensitas tinggi dan lama menyebabkan longsor di Desa Purwosari Kecamatan Kranggan dan Desa Jlegong Kecamatan Bejen Temanggung, hingga menyebabkan kerusakkan hunian warga, Kamis (28/01/2021). Tidak ada korban jiwa, namun penghuni rumah terpaksa mengungsi ketempat aman, kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Temanggung Dwi Sukarmei mengatakan tanah dengan lebar 27 meter dan tinggi 7 meter longsor dan menimpa 3 rumah di Dusun Jlegong Desa Jlegong. Runah tersebut masing-masing milik rumah Warsito, Wanidi dan Jarwadi. “Longsor terjadi sekitar pukul 18.00 WIB, disaat ada hujan yang telah berlangsung lama,” katanya.

Dikatakan penghuni rumah untuk sementara mengungsi ditempat aman karena dikhawatirkan ada longsor susulan. Relawan, petugas dari TNI Kodim 0706 Temanggung, Polres setempat dan BPBD masih di lokasi.

Ia mengatakan di Desa Purwosari longsor pada senderan rumah Walniti mengenai rumah di bawahnya milik Sutarman. Kejadian sekitar pukul 16.30 WIB. “Longsor terjadi saat hujan. Rumah Sutarmna rusak bagian tembok kamar jebol dan kandang roboh,” kata dia sembari mengatakan kerugian yang dialami Walniti sebanyak Rp 15.000.000 dan Sutarman Rp 12.000.000. (Osy)

BERITA REKOMENDASI