Longsor Terjang Tlogorejo, 13 Jiwa Terancam

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Bencana tanah longsor menerjang Desa Tlogorejo Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo, Sabtu (15/12) petang. Akibatnya akses jalan kabupaten tertimbun longsor dan 13 jiwa terancam bencana susulan.

Sekretaris Desa Tlogorejo Susyanto mengatakan, longsor terjadi setelah hujan lebat mengguyur Kaligesing sejak Sabtu siang. "Tidak ada korban dalam peristiwa itu," ujarnya kepada KRJOGJA.com, Minggu (16/12).

Longsor menerjang permukiman di Dusun Kradenan. Rumah yang dihuni lima keluarga warga setempat terdampak bencana. Selain merusak bagian bangunan, tanah labil juga mengancam rumah di atasnya. "Pascalongsor, beberapa warga diungsikan ke rumah kepala dusun," katanya.

Jalan kabupaten penghubung Tlogorejo – Ngaran juga tertimbun setebal kurang kebih 1,5 meter. Akibatnya kendaraan tidak dapat melintasi akses tersebut semalaman. Warga dibantu TNI dan BPBD melakukan kerja bakti pada Minggu pagi.  "Tidak butuh lama, akses bisa dibuka. Alat berat milik BPBD juga diperbantukan membersihkan akses yang berhasil dibuka secara manual," ungkap Camat Kaligesing Bagas Adi Karyanto, di lokasi bencana.

Kepala Pelaksana BPBD Purworejo Sutrisno mengingatkan warga dan perangkat desa untuk meningkatkan kewaspadaan. "Apabila potensi ancaman bencana meningkat, misalnya hujan lebat berjam-jam, warga harus mengungsi," tandasnya.(Jas)

BERITA REKOMENDASI