Longsor Tutup Akses Jalan ke Dusun Tlogowungu

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG (KRjogja.com) – Sebuah tebing setinggi 15 meter dan lebar 5 meter longsor hingga mengakibatkan tertutupnya akses jalan masuk ke Dusun Tlogowungu, Desa Muncar, Kecamatan Gemawang, Temanggung Sabtu (17/12/2016) pagi. Longsor terjadi setelah hujan yang mengguyur sepanjang Jumat (16/12/2016) hingga Sabtu. Daerah tersebur termasuk rawan longsor karena tanah labil dan bebatuan tidak mencengkeram tanah.

Kepala Seksi Penanganan Darurat dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung, Gito Walngadi mengatakan warga dan anggota TNI dan kepolisian serta Tim SAR sejak Sabtu pagi telah bekerja bakti untuk menyingkirkan lelongsoran. "Menjelang siang tanah berhasil disingkirkan, jalan sudah bisa dilalui baik jalan kaki maupun dengan kendaraan," katanya.

Dia mengemukakan pada Jumat juga terjadi longsor setidaknya di tiga tempat di Kabupaten Temanggung, yakni di Desa Banjarsari Kecamatan Bejen dan jalan penghubung antara Desa Kebondalem dengan Desa Kemuning Kecamatan Bejen serta Dusun Winong Desa Candiroto Kecamatan Candiroto.

TNI, Polri, warga dan tim SAR bahu membahu menyingkirkan longsoran dan pada rumah yang rusak diperbaiki. Tidak ada korban jiwa dan luka, pada kejadian itu. Kerugian material sedang dihitung.  "PBD telah berikan sembako pada korban, bantuan diharapkan dapat meringankan beban korban," katanya. (Osy)

BERITA REKOMENDASI