Longsoran Pinus Pakis Tutup Akses Jalan 

Editor: Agus Sigit

MAGELANG, KRJOGJA.com – Akses jalan dari Dusun Gejayan menuju ke wilayah Desa Petung Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang sempat terkendala, Sabtu (9/4/2022), lantaran tidak sedikit material longsor yang menumpuk di ruas jalan yang beraspal di sekitar tanaman pinus tersebut.
Hal ini sempat memperoleh perhatian banyak pihak. Beberapa warga bersama tim BPBD Kabupaten Magelang, petugas Polsek Pakis, Koramil Pakis, relawan maupun lainnya melakukan kerja bakti, diantaranya untuk membenahi dan memotong beberapa pohon pinus yang roboh terbawa longsor. Warga ada yang berusaha membersihkan dan menyingkirkan tanah yang menumpuk di ruas jalan secara manual menggunakan peralatan seadanya, diantaranya cangkul.
Kepala Dusun Gejayan Sulis Prasetyo kepada KRJogja.com di lokasi longsor mengatakan longsor diketahui ketika ada warga yang akan melintas lokasi tersebut, namun ia putar balik tidak melanjutkan perjalanannya lantaran akses jalannya tertutup material longsor.
Dikatakan Kadus Gejayan, longsor di kawasan ini sering terjadi dengan ukuran kecil dan mampu ditangani masyarakat sekitar. Baru kali ini terjadi ukuran besar, sampai menutup akses jalan. Hingga Sabtu sore akses jalan belum dapat dilalui.
Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Kabupaten Magelang Edi Wasono SH kepada KRJogja.com secara terpisah mengatakan Sabtu siang juga datang sebuah alat berat untuk membantu proses menyingkirkan dan membersihkan material longsor yang menumpuk di ruas jalan.
Diperoleh informasi di lokasi longsor, mahkota longsor letaknya pada ketinggian sekitar 30 meter, sedang ‘lidah’ longsor hingga sekitar 20 meter di bawah lokasi jalan. Ketebalan material yang menumpuk di atas jalan bervariasi antara 2-3 meter. Di sekitar ‘mahkota’ longsor tidak ditemukan adanya retakan.
Sementara itu Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah 1 Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGMb) Nurpana Sulaksono SHut MT kepada KRJogja.com secara terpisah diantaranya mengatakan berdasar laporan yang diperoleh menyebutkan longsor di kawasan TNGMb yang berbatasan dengan Dusun Gejayan Desa Banyusidi Kecamatan Pakis Magelang ini juga mengakibatkan sekitar 26 pohon pinus terdampak. Pohon tersebut memiliki diameter rata-rata 35 Cm dan tinggi rata-rata 17 meter.  (Tha)

BERITA REKOMENDASI