LP Magelang Kerjasama dengan UM Magelang, Tingkatan Wawasan

MAGELANG, KRJOGJA.com – Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas IIA Magelang melakukan kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Muhammadiyah Magelang (UM Magelang). Penandatanganan kerjasama dilakukan Kepala LP Kelas IIA Magelang Bambang Irawan BcIP SH MH dengan Rektor UM Magelang Ir Eko Muh Widodo MT di ruang pertemuan LP Kelas IIA Magelang. 

Kepala LP Kelas IIA Magelang kepada KRJogja.com, Rabu (10/7/2019), mengatakan kerjasama dengan UM Magelang ini dalam rangka untuk pembinaan hukum. Manfaat dari kerjasama ini untuk meningkatkan kapasitas wawasan, baik petugas LP Magelang maupun penyuluhan bagi warga binaan. Baru kali ini dilakukan kerjasama dengan pihak akademisi, khususnya UM Magelang. 

"Kerjasama ini dinilai juga lebih mengena, mengingat kemungkinan nantinya akan memberikan kesempatan kepada para karyawan atau pegawai LP Kelas IIA Magelang untuk mengikuti kuliah di UM Magelang," jelasnya. 

Rektor UM Magelang secara terpisah kepada KRJogja.com mengatakan kerjasama itu dilakukan untuk menindaklanjuti beberapa hal yang ada di LP, terutama berkaitan dengan pembinaan karyawan maupun warga binaannya.  

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antar kedua belah pihak tersebut dilakukan dalam rangka mengembangkan sumber daya di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat. Rektor UM Magelang berharap dengan kerjasama ini UM Magelang dapat berperan sekaligus memberikan manfaat bagi LP Magelang dan bagi warga binaan. Selain itu, dalam kerjasama ini diharapkan bagi mahasiswa dan dosen Fakultas Hukum UMMagelang dapat sebagai sarana pembelajaran di lapangan.

Rektor juga mengatakan melalui Fakultas Hukum, UM Magelang siap membuka Kelas Lapas khusus bagi pegawai LP, yang waktu untuk studinya dapat menyesuaikan, namun tetap sesuai pada kaidah akademik. Hal tersebut disampaikan sebagai wujud komitmen UM Magelang sebagai kampus yang selalu berupaya memberikan manfaat bagi masyarakat.(Tha)

BERITA REKOMENDASI