LP3M UMY dan PIK-R Srumbung Bentuk Kader Kesehatan Remaja

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG, KRJOGJA.com – Tim Pengabdian Masyarakat LP3M UMY yang diketuai oleh Dr. SN Nurul Makiyah, S.Si., M.Kes. bekerjasama dengan Pusat Informasi dan Kerajinan Remaja (PIK-R) dusun Sumbersari, Srumbung, Magelang melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di rumah data PIK-R dengan tema “Pembentukan Kader Kesehatan Remaja”.

Adapun kegiatan pelatihan untuk kader kesehatan remaja dilaksanakan pada hari Kamis-Jum’at, tanggal 11-12 Februari 2021 dengan narasumber Dr. SN Nurul Makiyah, S.Si., M.Kes. dan Dr. drh. Tri Wulandari Kesetyaningsih, M.Kes. Fokus program pengabdian masyarakat ini adalah pembentukan kader kesehatan remaja. Menurut Dr. SN Nurul Makiyah “Sasaran pengabdian masyarakat ini adalah para remaja”.“Remaja yang aktif berorganisasi seperti PIK-R ini merupakan ujung tombak dalam membantu meningkatkan kesehatan masyarakat di era pandemi Covid-19 ini” jelas Ketua Pengabdian Masyarakat di Sumbersari, Mranggen, Srumbung, Magelang.

Taufiqurrohman selaku ketua PIK-R yang juga menghadiri kegiatan pengabdian masyarakat ini, memberikan apresiasi terhadap kegiatan ini dan berharap supaya remaja yang tergabung dalam PIK-R dapat menerapkan ilmu yang didapat dari kegiatan ini. Adapun materi yang disampaikan pada pelatihan kader kesehatan ini meliputi personal higiene dan meningkatkan sistem imun di era pandemi covid-19 yang disampaikan oleh Dr. SN Nurul Makiyah, S. Si, M. Kes selaku Ketua Pengabdian Masyarakat ini dan materi ke-2 tentang kesehatan reproduksi remaja yang disampaikan oleh Dr. drh. Tri Wulandari Kesetyaningsih, M.Kes., selaku anggota tim Pengabdian Masyarakat.

Kegiatan ini dihadiri oleh 31 peserta dalam kondisi terbatas serta dilakukan dengan protokol kesehatan. Para peserta sangat antusias dibuktikan dengan hasil evaluasi dari isian kuesioner menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan remaja terhadap personal higiene, pengetahuan dasar tentang sistem imun dan kesehatan reproduksi remaja.

BERITA REKOMENDASI