LPMK Se Kota Magelang Dikukuhkan, Diwarnai Sarasehan “Moncer Serius”

MAGELANG, KRJOGJA.com – Lagu "Pamer Bojo", yang diselingi "Cendhol Dawet", menggema di forum Pembinaan Kelompok Masyarakat Pembangunan Kelurahan di Gedung Wiworo Wiji Pinilih Magelang, Selasa (10/12/2019). Dalam kesempatan ini Walikota Magelang Ir H Sigit Widyonindito MT juga mengukuhkan Kepengurusan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) se Kota Magelang dan menyerahkan bantuan kepada LPMK. 

Lagu "Pamer Bojo" tidak hanya dilantunkan grup Paduan Suara Bahana Suara Pemberdayaan di awal dimulainya acara, tetapi juga dilantunkan Walikota Magelang, meskipun hanya beberapa bait menyanyikannya.

"Kaya ngene rasane wong nandang kangen, rina wengi atiku rasane peteng, tansah kelingan kepingin nyawang sedela wae wis emoh tenan, cidro janji tegane kowe ngapusi, nganti seprene suwene aku ngenteni, nangis batinku nggrantes uripku, teles kebles netes eluh….cendol dawet," demikian syair yang dinyanyikan Walikota Magelang, yang kemudian diikuti banyak undangan yang menghadiri acara di Gedung Wiworo Wiji Pinilih. 

Walikota Magelang mengatakan LPMK merupakan motor penggerak jalannya program pemerintah di lapangan. Lembaga yang diprakarsai masyarakat ini dinilai sebagai mitra pemerintahan kelurahan dalam menampung dan mewujudkan aspirasi. 

"Kader-kader LPMK adalah motor saya di lapangan, program pemerintah kalau tidak digerakkan kader-kader pemberdayaan tidak akan jalan, tidak berhasil," kata Walikota Magelang sambil meminta para kader LPMK berfikir cerdas dan visioner, mengingat Kota Magelang sangat minim sumber daya alam (SDA). Kota dengan sebutan sebagai "Kota Sejuta Bunga" ini hanya mengandalkan pelayanan jasa yang bisa disuguhkan.

"Kota Magelang punya apa sih? SDA minim, sawah hampir habis, hutan tidak punya dan yang kita suguhkan adalah pelayanan jasa. Maka dari itu, kader harus bisa menangkap barangkali di tengah masyarakat ada aspirasi, sampaikan kepada saya," urainya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DP4KB) Kota Magelang Retno Rini Sariningrum diantaranya mengatakan kegiatan Pembinaan Kelompok Masyarakat Pembangunan Kelurahan juga diisi dengan sarasehan dan temu kader LPMK se-Kota Magelang. Sarasehan membicarakan materi "Moncer Serius" dari Bappeda Kota Magelang, Peran Lembaga Kemasyarakatan di Kelurahan sebagai Mitra Kerja Kecamatan dan Kelurahan oleh Camat Magelang Utara dan "Germas, Hidup Sehat Untuk Penguatan Kader Pemberdayaan" oleh Dinas Kesehatan.(Tha)

BERITA REKOMENDASI