LSM Tamperak Laporkan Dugaan Monopoli Tender Pembangunan RSUD Tjokronegoro

Editor: Ary B Prass

PURWOREJO, KRJOGJA.com- Dewan Pengurus Daerah (DPD) LSM Tameng Perjuangan Rakyat Anti Korupsi (Tamperak) melaporkan dugaan persoalan dalam pelaksanaan lelang Rumah Sakit Tipe C atau RSUD RAA Tjokronegoro Purworejo ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Purworejo, Kamis (5/8/2021). LSM itu melaporkan dugaan monopoli atau pengondisian lelang tender pembangunan rumah sakit tahap kedua yang dilaksanakan pada tahun 2019.
Laporan tersebut diterima Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri (Kejari) Purworejo Muhammad Arief Yunandi. “Sudah saya terima, selanjutnya akan ditindaklajuti kepada pimpinan dan menunggu petunjuk selanjutnya,” kata Arief, usai menerima pengurus LSM Tamperak.
Sementara itu, Ketua DPD LSM Tamperak Sumakmun mengatakan, berdasarkan hasil kajian lembaganya, diduga ada pengondisian pemenang lelang  proyek tersebut.
“Di mana kami melihat ada kejanggalan pada dokumen lelang, di mana perusahaan pemenang tender diduga tidak memiliki persyaratan lelang sesuai dengan peraturan yang berlaku,” tuturnya usai melapor.
Dalam laporannya, LSM Tamperak menulis pihak yang diduga bertanggung jawab dalam dugaan pengondisian lelang pembangunan RSUD Tipe C tahap II terdiri atas Pokja Lelang RS Tipe C tahap II, Dinas PUPR, dan pemenang tender PT Adikarya Putra Cisadane (PT APC).
Sumakmun berharap Kejari Puworejo menindalanjuti laporan tersebut. “Kami berharap penegak hukum dapat menindaklanjuti, kami pun siap dan sangat terbuka membantu apabila diminta Kejari Purworejo untuk memberikan data pendukung,” terangnya.
Pembangunan Rumah Sakit Tipe C Tahap II dilaksanakan pada tahun 2019 dengan anggaran kurang lebih Rp 36 miliar. Pembangunan tahap II adalah bidang mekanikal elektrikal, meliputi lift, pendingin ruangan, gas medis, lampu, dan keramik lantai dasar. Pekerjaan itu dilaksanakan oleh PT APC.
Persoalan tersebut pernah mengemuka pada awal tahun 2020. Ketika itu, koordinator pelaksana pekerjaan PT APC Slamet Riyadi sempat memberikan klariifkasi terkait polemik tender pembangunan RSUD RAA Tjokronegoro.
Bahkan, pihak PT APC menghadirkan direktur PT Pilar Cadas Putra (PCP) yang penah menjadi mitra kerja sama dalam pembangunan sebuah rumah sakit di Tangerang.

“Kita (PT APC dan PT PCP, pernah kerja sama (membangun RS di Tangerang) dan pengalaman itu kami lampirkan ke dalam dokumen lelang,” kata Slamet, ketika memberikan klarifikasi, Jumat 13 Maret 2020.(Jas)

 

BERITA REKOMENDASI