Luapan Sungai Dlangu Rendam Enam Desa di Purworejo

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO (KRjogja.com) – Sungai Dlangu di Kecamatan Butuh Kabupaten Purworejo meluap akibat hujan deras Rabu (23/11/2016) malam. Sedikitnya enam desa di wilayah itu tergenang banjir mulai Kamis (24/11/2016) dinihari.

Sembilan desa terdampak genangan terdiri atas Dlangu, Tegalgondo, Polomarto, Kedungagung, Kedungmulyo dan Sruworejo. Kedalaman banjir di beberapa desa itu antara 20 – 100 sentimeter. Dampak terparah dialami penduduk Desa Kedungmulyo dan Kedungagung.

Air memasuki sedikitnya 50 rumah di dua desa itu dengan kedalaman hingga setengah meter. "Air mulai datang pukul 01.00, setelah hujan berhenti. Kedalaman di rumah saya saat puncak banjir ada sekitar 50 sentimeter," kata Banter Kartono, tokoh warga Desa Kedungagung.

Kedatangan banjir yang sudah diprediksi, membuat Banter dan keluarganya mempersiapkan diri dengan memindah perabot ke atas meja serta lemari. Menurutnya, banjir selalu terjadi apabila hujan deras mengguyur lebih dari empat jam di wilayah Kecamatan Butuh, Pituruh dan Bruno.

Kadus I Kedungagung Sutarman mengemukakan, kurang lebih 30 rumah didesanya kemasukan air. Sementara ratusan rumah lain tidak begitu terdampak karena permukaan genangan hanya sampai batas fondasi. "Namun mereka tetap kena dampaknya, aktivitas bisa dikatakan lumpuh karena genangan di halaman juga mencapai hampir satu meter," tuturnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI