Lukisan Senja di Bukit Kaliurip

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Senja di Bukit Desa Kaliurip Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo semburat jingga. Disaputi mendung tipis menjadikan diorama alam perbukitan itu menjadi semakin indah. Dari kanvas kecil tergores cat minyak di sebuah papan yang sudah disiapkan.

“Hampir di setiap sore ada seniman lukis yang selalu mengabadikan keindahan bukit ini,” kata Kepala Desa Kaliurip Tri Yanto akhir pekan lalu.

Di lokasi itu warga yang tergabung dalam kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Desa Kaliurip menyediakan tempat dan fasilitas lainnya yang dibutuhkan para seniman lukis. Di arena pelataran sebuah rumah wisata (joglo) mata bisa memandang luas alam pegunungan yang menawan. Sambil menikmati matahari tenggelam, sejumlah seniman lukis mengalirkan goresan kanvas hingga matahari terbenam.

“Mereka lepas mengekspresikan kebebasan untuk melukis apa saja yang mereka  nikmati,” tandasnya, Minggu (13/10).

Pemandangan air terjun atau curug yang cukup tinggi di sekitar lokasi itu, juga sering dijadikan ajang melukis para seniman,disamping pemandangan alam sekitar dengan aliran sungai pegunungan yang menyejukkan.

“Ada banyak lokasi yang dapat dimanfaatkan para seniman lukis maupun fotografer, untuk menyalurkan hobinya di sini,” tambah Tri Yanto.

Hingga menjelang petang, warga terutama yang bertugas di Pokdarwis, akan memberikan pelayanan kepada mereka yang menikmati wisata alam. Disediakan berbagai macam minuman dan makanan tradisional untuk bisa dinikmati bersama. “Terkadang mereka bisa bertahan hingga larut malam,”  tambah Tri Yanto. (Nar)

 

BERITA REKOMENDASI