Lulusan SMK tak Sekadar Menjadi Pekerja

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Direktur PT Chemco Harapan Nusantara (CHN) Kerawang Jawa Barat Tata H Widhisatmaka menekankan, agar para siswa lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tidak sekedar menjadi pekerja di perusahaan, namun lebih dari itu, menjadi seorang manajer, pemimpin perusahaan maupun berwirausaha.

“Ini bisa ditempuh jika para lulusan SMK, baik yang sudah bekerja maupun belum bersedia melanjutkan pendidikannya, setidaknya hingga jenjang D3,” katanya, Jumat (5/10).

Dalam silaturahmi kelas industri PT CHN SMK Saintek Nurul Muslim, SMK Mitra Karya dan SMK Bina Karya Karawang Jawa Barat di SMK Pembaharuan (PN) Kabupaten Purworejo Tata H Widhisatmaka menjalaskan, bahwa siswa yang bersekolah di SMK memang disiapkan untuk terjun ke dunia kerja. Namun bukan berarti kehilangan kesempatan untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi. 

"Sekarang banyak sekolah yang bisa dilakukan di luar jam kerja, bahkan kelas sore, kelas malam juga ada. Ini dapat dimanfaatkan ketika kalian sudah bekerja,” jelasnya. 

Menurutnya, jika para pekerja hanya mengantongi ijazah SMK, maka jenjang kariernya kurang maksimal. Sulit untuk menduduki sebuah jabatan, baik di perusahaan maupun di pemerintahan. Untuk  bisa meraih kedudukan yang lebih baik, tentu harus meningkatkan pendidikannya. (Nar)

BERITA REKOMENDASI