Magelang Baru Sekali Berhasil Melakukan Terapi Plasma

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG, KRJOGJA.com – Terapi plasma konvalesen bagi pasien terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Magelang, baru terjadi 4 kali. Dari empat ini, tiga dilakukan di RS Merah Putih dan satu di RSUD Muntilan. Namun dari empat itu, yang berhasil baru satu orang. Sedang sisanya, pasiennya keburu meninggal.

“Ditempat kami, ada tiga terapi plasma konvalesen. Namun hanya satu yang berhasil. Dua lainnya, gagal atau pasien calon penerima donor meninggal,” kata dr Herlina, Bidang Pelayanan Publik RS Merah Putih dalam Konferensi Pers Penanganan Covid-19 Jumat (29/1/2021).

Ditambahkan Direktur RSUD Muntilan, dr Sukri, untuk terapi plasma konvalesen ini, pihaknya baru pertama melakukan. Namun gagal, karena pasien calon penerima donor, keburu meninggal. “Kami baru sekali melakukan, namun gagal karena pasien keburu meninggal,” imbuhnya.

Sementara perkembangan Covid-19 di Kabupaten Magelang, hari ini ada tambahan 78 pasien sembuh. Terbanyak berasal dari Kecamatan Mungkid, yakni 37 orang. Kemudian Bandongan dengan 9 orang, Tempuran 8, Ngablak 5, Candimulyo 5, Secang 4, Kaliangkrik 4 dan dua orang tersebar di Salam, Ngluwar serta Grabag. “Hari ini juga ada tambahan 4 meninggal. Berasal dari Mungkid, Muntilan, Srumbung dan Secang,” imbuh Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.

BERITA REKOMENDASI