Magelang Raih Penghargaan Hemat Energi Listrik dan Air

MAGELANG, KRJOGJA.com –  Kota Magelang berhasil meraih juara I penghargaan Hemat Energi Listrik dan Air di Tahun 2020 ini untuk kategori instansi pemerintah Kabupaten/Kota se Jawa Tengah. Penghargaan diserahkan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo pada rangkaian kegiatan memperingati HUT Provinsi Jawa Tengah ke-70, Sabtu (15/8/2020) lalu, dan diterima Wakil Walikota Magelang Dra Windarti Agustina.

Berkaitan dengan diraihnya penghargaan ini, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Magelang Arif Barata Sakti mengatakan Balitbang ditunjuk mewakili Kota Magelang karena memiliki inovasi terkait Penghematan Energi Listrik Air dan BBM. Pihaknya lolos setelah mengikuti seleksi dan penilaian daring pada 6 Juli 2020 lalu.
Dalam melaksanakan kegiatan hemat energi dan air sejak tahun 2017, lanjutnya, telah dilakukan beberapa kegiatan yang berupa komponen kebijakan yang bersifat administratif maupun implementatif. Dari sisi implementasi dilakukan sosialisasi gerakan 3M meliputi mematikan listrik, mencabut stop kontak dan memastikan AC di suhu 25 derajat minimal.

“Gerakan hemat energi dan air yang ada di Balitbang kemudian tertuang dalam sebuah komitmen bersama yang ditandatangani seluruh unsur ASN dan pelaksana di Balitbang pada tanggal 29 Maret 2018,” kata Arif.

BERITA REKOMENDASI