Magelang Terus Gencarkan Operasi Yustisi

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Masyarakat yang tidak memakai masker saat berada di luar rumah atau di tempat umum masih ditemui di wilayah Magelang. Ini seperti ketika dilakukan Operasi Yustisi penegakan protokol kesehatan penanganan Covid-19 di wilayah Kota Magelang yang berlangsung Selasa (20/10/2020) di beberapa lokasi. Puluhan orang terjaring dalam operasi ini, diantara mereka ada yang dikenai teguran tertulis maupun teguran lisan.

Kapolsek Magelang Utara Kompol I Gede Suarti mengatakan kegiatan operasi diantaranya dilaksanakan di Pasar Kebonpolo, Jl S Parman dan wilayah Karangwuni. “Unsur edukasi juga dilaksanakan dalam kegiatan ini, termasuk pemberian masker kepada masyarakat yang benar-benar memerlukan,” terangnya.

Dari hasil operasi ini, banyak warga yang tidak memakai masker. Ada juga yang membawa atau memakai masker, tetapi tidak sesuai posisinya. Mereka diberi teguran lisan, agar memakai masker menutup bagian mulut dan hidungnya.

Dalam rangkaian kegiatan ini juga dilakukan pemberian himbauan kepada masyarakat dalam rangka menindaklanjuti Inpres Nomor 6 Tahun 2020, melaksanakan Operasi Yustisi Penanganan Covid 19 Kota Magelang yang terdapat konsentrasi massa dan tidak memperhatikan protokol kesehatan, untuk selanjutnya diberikan teguran.

Juga memberikan pemahaman pengertian adaptasi kebiasaan baru (AKB), yaitu masyarakat dapat beraktivitas seperti keadaan normal sebelum ada pandemi Covid-19, namun dalam pelaksanaan aktivitas tersebut selalu mengedepankan protokol kesehatan (Prokes), seperti memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kontak fisik, mengedepankan pola hidup sehat dengan sering mencuci tangan menggunakan sabun. (Tha)

BERITA REKOMENDASI