Mahasiswa KKN Gelar Ekspo Kuliner Potensi Lokal

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) di Desa Rebug Kecamatan Kemiri  Kabupaten Purworejo menggelar expo kuliner produk hasil bumi. Berbagai produk olahan lokal dipamerkan.

“Expo ini sebagai ajang untuk mengenal lebih dekat antara mahasiswa KKN dengan warga desa serta menggali potensi hasil bumi lokal,” kata Ketua Tim KKN UMP Desa Rebug Rizky, Kamis (8/3).

Menurut Rizky expo  merupakan salah satu program yang telah direncanakan. Sekaligus untuk meningkatkan nilai tambah pada hasil bumi Desa Rebug, terutama singkong dan kacang tanah, yang selama ini hanya dimanfaatkan untuk olahan biasa atau langsung dijual dalam kondisi mentah.  "Ini akan berbeda nilai ekonomisnya ketika sudah diolah menjadi berbagai macam produk olahan,”ujar Rizky.

Disamping itu, untuk meningkatkan pendapatan masyarakat yang mayoritas petani, dilakukan penyuluhan terkait pertanian, peternakan dan perikanan yang menghadirkan dinas terkait, termasuk pelatihan tata boga jagung susu, pengarahan kebencanaan, keolahragaan, kepemudaan pada karang taruna, bimbingan belajar dan yang lainnya.

Dengan cara ini mahasiswa dapat mengenal lebih dekat untuk dapat belajar secara langsung terkait banyak hal yang sekaligus merupakan salah satu hal yang didapatkan dalam proses pendidikan  melalui KKN. (Nar)

BERITA REKOMENDASI