Mahasiswa Polsa Kutoarjo Dikukuhkan Jadi Relawan Pajak

Editor: Ary B Prass

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Sebanyak 15 Mahasiwa Politeknik Sawunggalih Aji (Polsa) Kutoarjo jadi relawan pajak tahun 2022. Pengukuhan itu dilakukan secara hybrid oleh Kepala Kanwil Ditjen Pajak Jawa Tengah II Slamet Sutyanto.

Ketua Program Studi Akuntansi Polsa Kutoarjo Caecilia Rosma W SE MSi mengatakan, tidak mudah untuk menjadi mahasiswa relawan pajak. Tax Center Polsa Kutoarjo memfasilitasi proses seleksi tersebut.
“Penetapan sebagai relawan pajak dilakukan setelah melalui proses seleksi ketat dan bertahap. Ada beberapa tes yang harus diikuti antara lain tes wawancara, pelatihan perpajakan, dan tes leveling,” ucapnya, Selasa (8/2).
Setelah dikukuhkan, katanya, mahasiswa relawan pajak Polsa Kutoarjo akan diserahkan kepada KPP Pratama Kebumen. Mereka akan ditempatkan khususnya di Pos Pelayanan Pajak Purworejo.
Meuurutnya, mahasiswa relawan pajak adalah mahasiswa yang secara sukarela menyumbangkan waktu, tenaga, pikiran, dan keahliannya untuk berperan aktif dalam kegiatan pendidikan perpajakan. Kegiatan itu, lanjutnya, dilaksanakan untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak dan mendorong pelibatan pihak ketiga dalam hal ini perguruan tinggi, pada kegiatan penyuluhan perpajakan. “Polsa ikut berperan aktif lewat Tax Center yang kami miliki,” tuturnya.
Dikatakan, mahasiswa relawan pajak bertugas untuk memberi edukasi pajak, asistensi pelaporan surat pemberitahuan (SPT) tahunan pajak penghasilan (PPh) orang pribadi, dan pendampingan pembayaran PPh bagi wajib pajak.
Sementara itu, Direktur Polsa Kutoarjo Dr Sapta Aji Srimargiutomo MM mengemukakan, menjadi relawan pajak meruppakkan langkah positif dalam memperkuat pengalaman dan pengetahuan mahasiswa. “Tentunya akan memperkuat kompetensi para mahasiswa dalam dunia perpajakan,” tegasnya.(Jas)

BERITA REKOMENDASI