Mahasiswa STPP Siapkan Demplot Lahan Tanam Bawang Putih

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Mahasiswa dan alumni Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian  (STPP) Jurluhtan Yogyakarta yang mendampingi petani mulai menyiapkan lahan penanaman (demplot) bawang putih. Persiapan demplot lahan percontohan dilakukan sejak Kamis (19/10/2017) di desa Petarangan Kecamatan Kledung Temanggung.

Uji multi lokasi komoditas bawang putih ini merupakan kerjasama Kementerian Pertanian dengan PT Pertani (Persero), berlokasi di lahan kelompok tani Sumber Makmur 2. Luas demplot sekitar 400 meter persegi.
Varietas bawang putih untuk uji multi lokasi ini adalah varitas bawang putih dari Cina, lokal Temanggung dan bawah putih lokal dataran tinggi Sembalun Lombok Timur.

Salah satu pembimbing mahasiswa, Kurniawan mengatakan, selama masa menunggu petani siap bertanam, mahasiswa melakukan kegiatan yang bermanfaat. Seperti membantu penyuluhan pertanian, memberikan informasi pertanian dan kegiatan yang berkaitan dengan pertanian.

Para mahasiswa pendamping petani juga mengikuti sosialisasi gerakan pengendalian OPT  (Organisme Pengganggu Tanaman) dari Laboratorium Pengamatan Hama dan Penyakit di Kedu Temanggung. "Dengan langkah ini, mahasiswa belajar ilmu secara langsung di lapangan dan memberi manfaat untuk kegiatan pertanian," kata Kurniawan. (*)

 

BERITA REKOMENDASI