Mahasiswa UMP Olah Buah Salak Menjadi Kurma

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Menciptakan makanan produk olahan yang berbahan baku dari buah salak, menjadi daya kreatifitas mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP). Bahan bakunya yang murah dan melimpah tak kenal musim, diharap mampu mengangkat komuditas ini menjadi peluang usaha baru, terutama bagi petani salak di Kabupaten Purworejo.

“Kami berharap dengan adanya produk makanan ini dapat meningkatkan nilai jual salak serta menciptakan inovasi baru berbahan dasar buah salak dan dapat menciptakan lapangan usaha bagi orang lain,” kata Ketua Tim PKM-K UMP Bayu Laksono Aji, Rabu (04/09/2019).

Baca juga :

Pemkab Sleman Diminta Ikut Pasarkan Salak Pondoh
Pawon Semar Olah Salak Pondoh jadi Menu Tradisional

Produk makanan olahan yang berasal dari buah salak dan diberi nama kurma salak (kulak) ini merupakan wujud penangkapan peluang usaha mahasiswa UMP yang tergabung dalam wadah PKM-K dengan tujuan untuk meningkatkan nilai ekonomis dari buah salak. Setelah melakukan kajian terhadap survey yang dilakukan, buah salak ini dapat terbilang tidak tergantung pada musim sehingga ketersediaan buah ini sangat tinggi. Hanya saja selama ini permintaan konsumen stagnan. “Harga jual buah salak juga murah,” katanya didampingi anggota tim Diktya Bintang Safira  dan Mika Budi Wardoyo.

Mendapati fenomena ini, tim PKM-K UMP melakukan inovasi dengan tujuan meningkatkan nilai jual dari buah salak  dan terciptalah Kulak. Dalam pembuatannya dibantu bahan pemanis alami yaitu air nira kelapa yang memiliki kadar glukosa lebih rendah dari kadar manis gula pasir. (Nar)

BERITA REKOMENDASI