Maju Perseorangan Dibolehkan, Asal..

MAGELANG, KRJOGJA.com – KPU Kota Magelang mulai melakukan sosialisasi tahapan dan persyaratan calon perseorangan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah tahun 2018. Sosialisasi dilaksanakan di aula Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Magelang, Selasa (17/10/2017).

Kegiatan ini untuk memberikan informasi seluas-luasnya kepada masyarakat terkait dengan tahapan jadwal penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) tahun 2018, dan syarat dukungan pasangan calon dari perseorangan.

“Saat ini tahapan yang sedang berlangsung adalah pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara(PPS),” kata Ketua Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Provinsi Jawa Tengah Diana Ariyanti di forum sosialisasi.

Tahapan pendaftaran calon, lanjutnya, dapat melalui dua jalur, yaitu jalur partai politik dan jalur perseorangan dengan memenuhi syarat dan ketentuan yang telah diatur dalam perundang-undangan

“Bagi pasangan calon dari jalur perorangan, harus menyertakan minimal 1.781.606 dukungan dan tersebar di minimal 18 Kabupaten/Kota, selain persyaratan-persyaratan lain yang harus dipenuhi," kata Diana.

Dikatakan, kelengkapan persyaratan pendaftaran pasangan calon kepala daerah sejak dini perlu disosialisasikan. Ini agar partai politik dan juga pasangan calon dari jalur perseorangan dapat mempersiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan sejak awal.

Sesuai jadwal, KPU Provinsi atau KPU Kabupaten/Kota akan mengumumkan syarat minimal dukungan calon perseorangan pada 9-22 November 2017. Sementara jadwal penyerahan syarat dukungan oleh pasangan calon gubernur dan wakil gubernur ke KPU Provinsi berlangsung pada 22-26 November 2017.

Untuk pengumuman pendaftaran pasangan calon akan dimulai tanggal 1–7 Januari 2018. Pendaftaran pasangan calon tanggal 8–10 Januari 2018. Masa kampanye sendiri akan dimulai pada 15 Februari 2018 dan masa tenang dan pembersihan alat peraga akan dimulai pada 24 Juni 2018.

Pemungutan dan penghitungan suara Pilkada Serentak 2018 akan dilaksanakan pada 27 Juni 2018, rekapitulasi akan dilaksanakan pada 28 Juni 2018.(Tha)

BERITA REKOMENDASI