Makan Bersama Gethuk Merah Putih Warnai Festival Seni Budaya

KEBUMEN KRJOGJA.com – Festival Seni Budaya Kebangsaan  Lintas Etnis (FSBKLE) Kabupaten Kebumen, di Alun Alun Kebumen, Minggu  (22/10/2018)diwarnai penyajian 1.000 bungkus gethuk merah putih, nasi oyek dan 1.000 gelas kopi bagi para pengunjung.

" Dipilihnya gethuk dan nasi oyek karena keduanya merupakan makanan khas  Kebumen. Alhasil pemilihan kedua makanan ini sinkron dengan festival seni budaya lintas etnis ini," jelas Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik  (Kesbangpol) Kebumen, Nur Takwa SSos, di tengah kesemarakan festival yang digelar oleh Kantor Kesbangpol Kebumen dengan Forum Persaudaraan Bangsa  Indonesia (FPBI) Kebumen tersebut.

Setelah acara secara resmi dibuka oleh Pejabat (Pj) Sekda Kebumen,  Mahmud Fauzi MSi, gethuk dan nasi oyek yang ditata di atas meja di depan panggung pun langsung diserbu oleh pengunjung yang menyaksikan festival tersebut.

Ketua Panitia FSBKLE Kebumen, Beniyanto, mengungkapkan bahwa kegiatan ini  sengaja digelar di tengah berlangsungnya masa kampanye Pemihan Umum (Pemilu) 2019." Kegiatan ini untuk meredam munculnya berbagai isu negatif yang kerap  dimunculkan oleh sejumlah oknum pelaku kampanye Pemilu 2019. Kami ingin kerukunan antar etnis di Kebumen benar-benar terjaga menjelang Pemilu 2019,"  ujar Beniyanto yang juga Sekretaris FPBI Kebumen.

Selain pertunjukan seni seperti Tari Tor Tor oleh Paguyuban Etnis Batak di Kebumen, Seni Barongsai oleh Paguyuban Etnis Tionghoa Kebumen, Seni Hadroholeh Polres Kebumen, Kuda Lumping dari beberapa kecamatan di Kebumen dan pentas Kebumen Batik Carnival. (Dwi)

BERITA REKOMENDASI