Makanan Bahan Berbahaya Masih Ditemukan di Pasar Tradisional

Editor: KRjogja/Gus

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Masih saja makanan dengan kandungan bahan berbahaya ditemukan dijual di pasar tradisional di Temanggung. Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan (Dinkopdag) Kabupaten Temanggung menemukannya dalam sebuah monitoring. Makanan itu berbahaya dan tidak baik di konsumsi masyarakat.

Kepala Dinkopdag Kabupaten Temanggung Sri Hariyanto mengatakan dalam monitoring petugas mengambil sedikitnya 50 sampel makanan yang dijual di pasar tradisional. Hasil penelitian, tiga diantaranya mengandung bahan berbahaya dan tidak baik dikonsumsi masyarakat.

” Kami temukan di Pasar Legi Parakan,” kata Sri Haryanto, Rabu (27/4).

Dia menyampakan kegiatan ini merupakan program dari Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Semarang dan Dinkopdag Kabupaten Temanggung diberi kesempatan untuk memantau keamanan pangan di pasar tradisional.

Dia mengatakan BBPOM menargetkan untuk 100 sampel dalam dua kegiatan di bulan April dan Mei 2021. Pada April sudah dilakukan terhadap 50 sampel dan sesuai laporan di lapangan yang sudah masuk. ” Diketahuinya mengandung bahan berbahaya setelah uji menggunakan tes yang diberikan BBPOM,” kata dia.

BERITA REKOMENDASI