Mall Pelayanan Publik Kebumen tak Kerdilkan Dinas Penanaman Modal

KEBUMEN KRJOGJA.com – Mall Pelayanan Publik (MPP) yang akan difungsikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen di tahun anggaran 2019 diyakini tak akan mengerdilkan fungsi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan  Terpadu Satu Pintu (DPMPPTSP) Kebumen.

"Permohonan perizinan yang semula tersebar di 24 OPD (organisasi perangkat  daerah) Kebumen, nantinya akan disatukan di satu lokasi saja yaitu di  gedung MPP tersebut. Namun bukanlah berarti pasca MPP berfungsi tugas dan fungsi DPMPPTSP Kebumen akan tergerus dan menjadi kerdil," tegas Kepala DPMPPTSP Kebumen, Slamet Multokhah MT, di ruang kerjanya.

BACA JUGA :

Area CFD Kebumen Diperluas

Tak Hanya Pertanian, Kebumen Juga Bangun Kampung Ikan

Anggapan sebagian warga masyarakat bahwa berfungsinya MPP akan berdampak kerdilnya DPMPPTSP Kebumen menurut Slamet haruslah ditepis jauh-jauh.  Sebab, fungsi DPMPPTSP bukan hanya melayani permohonan perizinan warga  masyarakat saja.

" Dalam SOP (standar operasional dan prosedural) dinas kami, banyak hal  yang harus kami kerjakan, tak hanya mengurusi permohonan perizinan saja," ujar Slamet.

Diantaranya, harus terus memberikan pendampingan dan sosialisasi kepada  warga masyarakat, khususnya tentang sistem proses perizinan secara online. Mengingat, banyak warga masyarakat yang hingga kini belum menguasai teknologi  internet.

" Selain itu, dalam hal investasi atau penanaman modal di Kebumen kami  harus melakukan banyak proses, mulai dari tahap persiapan hingga pelaksanaannya. Termasuk membahasnya dengan berbagai pemangku kepentingan di pusat maupun 
daerah. Detail tugas kami cukup banyak, termasuk mengupayakan komitmen menjaga kelestarian lingkungan di lokasi investasi," papar Slamet.

MPP Kebumen yang merupakan salah satu unit kerja DPMPPTSP Kebumen direncanakan  akan mulai difungsikan Desember 2019 mendatang. Lokasinya, direncanakan di Gedung Juang 45 Jalan Indrakila Kebumen, yaitu gedung serba guna milik Pemkab
Kebumen.(Dwi) 

 

BERITA REKOMENDASI