‘Malming’ Tanpa Masker, Ratusan Pengunjung Alun-alun Dihukum

PURWOREJO,KRJOGJA.com – Sedikitnya 300 warga yang didominasi anak muda dihukum push up, menghafal Pancasila, dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Mereka kedapatan tidak menggunakan masker saat menghabiskan malam minggu (malming) di Alun-alun Purworejo, Sabtu (28/6).

Petugas gabungan Satpol PP dan Damkar Purworejo, Gugus Tugas Covid-19 Purworejo, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Purworejo, dan Polres Purworejo, menggelar razia masker pada penerapan New Habit. Razia juga demi menegakkan Perbup 37 Tahun 2020 yang juga mengatur tentang kewajiban memakai masker.

Kasi Penyelidikan dan Penyidikan Satpol PP dan Damkar Purworejo Endang Muryani mewakili Kasatpol PP Budi Wibowo mengatakan, penegakkan aturan dilakukan dalam konteks mengedukasi masyarakat. Tim gabungan belum memberlakukan sanksi denda Rp 50 untuk warga yang terjaring tanpa masker. “Kita lakukan edukasi terkait aturan wajib menggunakan masker yang sudah ditetapkan pemkab,” ujarnya menjawab pertanyaan KRJOGJA.com, usai razia.

BERITA REKOMENDASI