MAN Wujudkan Sekolah Adiwiyata Berbasis Wirausaha

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO (KRjogja.com) – Upaya mewujudkan sekolah Adiwiyata yang berbasis wirausaha menjadi tekad Madrasah Aliah Negeri (MAN) Kabupaten Purworejo. Tekad ini sekaligus untuk menanamkan jiwa wirausaha bagi para  siswa, terutama siswa dari kalangan keluarga kurang mampu.

“Ini sebuah terobosan bagi siswa siswi yang ingin meneruskan ke jenjang perguruan tinggi namun kurang mendapat dukungan biaya. Sehingga saya berharap dengan dibekali jiwa wirausaha, akan dapat meneruskan kuliah dengan biaya sendiri melalui usaha mandiri,” kata Kepala MAN Purworejo Khoirul Umam MPd, Rabu (28/3).

Untuk mempersiapkan semua itu, MAN menggelar workshop Lingkungan Hidup (LH) yang mengambil tema perkembangan sikap dan perilaku akhlakul karimah dalam tata pergaulan merupakan pengejawantahan Madrasah Adiwiyata.

Dijelaskan, MAN yang diasuhnya pada prinsipnya siap menuju sekolah Adiwiyata, yang tentunya harus didukung semua pihak baik guru, siswa, hingga kantin sekolah. Ini juga sebagai perwujudan mensukseskan program pemerintah  “Kami siap menuju sekolah Adiwiyata berbasis wirausaha. Artinya ketika sudah Adiwiyata termasuk mengoptimalkan bank sampah yang akan mengolah sesuatu dan memiliki nilai jual, sehingga bisa mandiri terkait dana,” jelasnya.

Pada kesempatan itu Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Purworejo  Dr H Ahmad Kasinu MPd menyampaikan materi terkait sinergitas penguatan pendidikan karakter dan sekolah Adiwiyata, dimana setiap mata pelajaran harus menyisipkan tentang LH berbasis penghijauan sekolah. (Nar)

 

BERITA REKOMENDASI