Manfaatkan Lahan Kopi Bagi Mitra Deradikalisasi, BNPT Resmikan Kawasan Terpadu Nusantara

Editor: Ary B Prass

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Kementerian Pertanian dan Pemkab Temanggung meresmikan Kawasan Terpadu Nusantara (KTN) di Sidempul Desa Bansari Kecamatan Bansari Kabupaten Temanggung, Rabu (27/7/2022).

Selain itu di Embung Bansari juga diresmikan Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan NKRI (Warung NKRI) yang didanai PT Adhi Karya (Persero) Tbk dan Koperasi Rejo Mulyo. Sebelumnya KTN telah ada di Jawa Timur, NTB, dan Jawa Barat.

Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan KTN sendiri sebagai langkah semakin serius dari BNPT dalam mengembangkan program deradikalisasi berbasis kesejahteraan bagi para eks narapidana terorisme atau mitra deradikalisasi.

“Di Temanggung, BNPT menjalin kerjasama dengan Pemkab Temanggung dan Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah,” kata Komjen Pol Boy Rafli Amar.

Disampaikan di Jateng ada sekitar 30 hingga 40 eks narapidana terorisme yang tersebar mulai dari pantura, Solo raya dan berbagai tempat.

Mereka akan dilatih untuk bertani dan mengembangkan bisnis peningkatan kesejahteraan keluarga sehingga tidak kembali masuk ke jaringan teorisme.

“Mereka masuk jaringan terorisme diantaranya karena faktor ekonomi, maka itu BNPT berusaha meningkatkan kesejahteraan eks napiter,” kata dia.

Disampaikan di Temanggung KTN seluas 10 hektar dan berada di kaki Gunung Sindoro. KTN ini akan dimanfaatkan untuk program reintegrasi sosial bagi mitra deradikalisasi BNPT.

“Mereka bersama dengan masyarakat sekitar melakukan budidaya tanaman kopi,” kata dia.

Hal ini harapnya dapat meningkatkan kesejahteraan warga sekitar pada umumnya dan memberikan kemandirian ekonomi bagi eks napiter ini pada khususnya.

Selain sebagai pusat reintegrasi sosial, aktivitas perkebunan di KTN juga ditujukan untuk meningkatkan produksi serta mempromosikan kopi Temanggung.

BERITA REKOMENDASI