Mangkuk Anyaman Pandan Karanganyar Menangkan Ajang Desain Nasional

Editor: Ivan Aditya

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Mangkuk buah anyaman pandan hasil karya Fauzy Prasetya Kemal dari Jaxee Anyaman Pandan Desa/Kecamatan Karanggayam Kebumen berhasil meraih kemenangan dalam kategori GDI Best dalam ajang Good Design Indonesia (GDI) 2020 yang diselenggarakan Dirjen Pengembangan Ekspor Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI.

Diungkapkan oleh Kabid Perdagangan Dinas Peindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kebumen, Sri Wahyuroh SH, anyaman pandan yang diberi nama ‘Pandane’ tersebut diikutkan dalam ajang GDI 2020 mewakili Kebumen pada Maret 2020 lalu.

Setelah menjadi salah satu pemenang GDI 2020, oleh Kemendag akan dikirimkan mengikuti ajang kompetisi desain internasional Good Desain Award atau G Mark 2020 di Jepang, 18 sampai 24 Agustus 2020 mendatang.

“Melalui penjurian yang ketat selama 2 tahap di bulan April dan Juni 2020 lalu, Pandane ditetapkan sebagai pemenang GDI Best bersama 16 karya lain dari seluruh Indonesia,” ujar Sri, di Kebumen, Kamis (09/07/2020.

Menurut Sri, dengan proses penganyaman yang halus, mangkuk buah karya Fauzy tersebut dinilai juri sebagai karya berpotensi ekspor, komersil di pasar ekspor dengan dasain yang kreatif dan inovatif.

“Selain untuk tempat buah, karya ini juga bisa digunakan sehari-hari untuk wadah ponsel, alat tulis dan alat dapur. Juga, bisa ditempatkan di meja makan, meja dapur, lemari hias dan lainnya,” ujar Sri. (Dwi)

BERITA REKOMENDASI