Mangrove Demanggedhe Raih Penghargaan Kalpataru

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Wilayah pantai selatan di Desa Gedangan Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo yang dulunya panas dan gersang, kini berubah menjadi hijau dengan tanaman berbagai jenis mangrove. Berbagai jenis burung juga berkeliaran dan bersarang di tempat itu, termasuk habitat air yang dulunya tidak ada kini menjadi tumbuh dan berkembang biak. Tempat ini pun kini menjadi area wisata yang menyenangkan untuk edukasi.

“Dulu tidak ada tumbuhan di sana, terlihat gersang. Kini sudah hijau sejuk,” kata Penyuluh Kehutanan Kabupaten Purworejo Lilik Hariyanto SP MM yang ikut membidangi lahirnya hutan mangrove Desa Gedangan, Jumat (27/09/2019).

Menurutnya, lokasi pantai Desa Gedangan itu merupakan lahan milik negara seluas sekitar 5 hektar yang selama ini tidak tergarap. Orang datang di tempat ini dulunya sangat jarang. Namun seiring dengan kesadaran warga setempat yang kemudian membentuk kelompok Sadar Wisata Demanggedhe, lahan pantai yang gersang itu dapat disulap menjadi hutan mangrove, yang ternyata juga banyak diminati para wisatawan. “Tempat ini sekaligus dapat dijadikan wahana edukasi karena banyak habitat burung dan air yang tumbuh dan berkembang,” jelas Lilik Hariyanto.

Berkat keuletan warga masyarakat menghijaukan pantai itulah pada tahun 2019 ini Kelompok Sadar Wisata Demanggedhe berhasil mendapatkan penghargaan Kalpataru dari Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Purworejo. (Nar)

BERITA REKOMENDASI