Mantan Bupati Temanggung KH Hasyim Afandi Meninggal Dunia

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Duka menyelimuti Kabupaten Temanggung. Mantan Bupati Temanggung periode 2008 – 2013, KH Drs Hasyim Afandi meninggal dunia di RSUD setempat karena terpapar Covid-19, Senin (05/07/2021) sekitar pukul 14.45 WIB.

Sesepuh dan pengasuh pondok pesantren Nida Al Quran tersebut masuk rumah sakit pada Minggu (04/07/2021) pukul 17.30 WIB. Setelah pemulasaran dan disholatkan, jenazah kemudian dimakamkan dipekaman Kampung Besaran Parakan Kauman, Kecamatan Parakan tidak jauh dari kediaman.

Bupati Temanggung Al Khadziq menyampaikan duka mendalam atas wafatnya KH Hasyim Afandi. Sangat banyak jasa yang diberikan untuk kemajuan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Temanggung, baik sebelum menjabat, maupun ketika menjabat bupati, bahkan setelah purna.

“Mari kita doakan kepergian beliau. Semoga husnul khotimah dimaafkan semua kesalahan dan dosa selama hidup dan diterima semua amal ibadah oleh Allah dan menjadi jalan untuk menuju ke surga Allah,” kata Al Khadziq.

Ketua DPRD Kabupaten Temanggung Yunianto mengatakan pimpinan dewan dan keluarga besar sekretariat DPRD Kabupaten Temangung turut berbela sungkawa atas meninggalnya KH Hasyim Afandi. ” Beliau adalah sosok pejuang. Mari perjuangan beliau diteruskan,” kata dia.

Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Temanggung Asyari Muhadi mengatakan Hasyim Afandi sebagai sosok ulama sekaligus umaro yang rendah hati, santun bersahaja, mudah bergaul tidak membedakan golongan dan agama. “Semua digauli dengan santun dan bijaksana,” kata dia.

Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Magelang Jumari Al Ngluwari mengatakan Kiai Hasyim sebagai pemimpin yang bersahaja, tidak neko-neko. Memimpin dengan spirit ajaran Islam dan berkemajuan. “Beliau adalah Bupati Magelang periode 1999 – 2004, kami warga Magelang sangat kehilangan. Beliau banyak berjasa bagi Magelang,” kata dia. (Osy)

BERITA REKOMENDASI