Mantan Model Pun Bisa Jadi Polwan

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO (KRjogja.com) – Febrischa Widya Puspita (19) tidak bisa lagi berlenggak-lenggok di atas catwalk memamerkan busana yang dikenakannya. Bahkan sikapnya harus lebih tegas, tidak boleh cengeng dan garang apabila  berhadapan dengan kejahatan. Febrischa yang mantan model itu kini menjadi bagian dari Korps Polwan Polres Purworejo dengan pangkat Bripda.

Sebelum bergabung dengan kepolisian, Febrischa termasuk model kondang di Purworejo. Perempuan warga RT 03 RW 01 Desa Karangduwur Kecamatan Kemiri Purworejo itu mampu menorehkan banyak prestasi. "Bukti pialanya ada di lemari rumah saya," ujarnya kepada KRjogja.com, Kamis (1/9).

Febrischa mengaku menekuni dunia modeling sejak kelas 1 SMP. Ia langsung suka ketika diminta sekolahnya SMP 16 Purworejo menjadi perwakilan dalam lomba model. Setelah itu, ia secara rutin mengikuti berbagai lomba. Kemampuannya di bidang modeling semakin terasah ketika belajar di SMA 10 Purworejo. Ketika itu, Febrischa bergabung dengan Ira Modelling Purworejo. Prestasi demi prestasi pun diraihnya.

Bahkan prestasi yang paling membanggakan adalah ketika mengikuti Singapore Expo tahun 2013. Febrischa ikut Lomba Batik Internasional tingkat Asia dalam ajang tersebut. "Saya bisa menjadi juara 1, itu prestasi paling tinggi yang diperoleh," ungkapnya.

Febrischa baru mengurangi aktivitas modelingnya ketika memasuki kelas XI dan XII. Setelah lulus, ia juga tidak meneruskan aktivitas itu, namun mengejar cita-cita masa kecilnya menjadi polisi. "Saya masuk pendidikan di SPN Banyubiru Semarang, lulus 2015 dan kini bertugas di Unit 1 Reskrim Polres Purworejo. Saya tidak takut penjahat dan akan melayani masyarakat sebaik mungkin," tuturnya.

Anak pasangan Maudin dan Heni Widyaningsih itu mengaku senang menjadi polisi karena profesi itulah yang diidam-idamkan sejak kecil. Ia juga telah meninggalkan dunia modeling. Febrischa mengaku masih memiliki impian untuk mengembangkan modeling di kepolisian. Bukan berarti kembali menjadi model, namun tetap disesuaikan dengan konteks tugasnya sebagai pelayan masyarakat. "Harus lebih percaya diri dan ramah dalam melayani masyarakat ," ucapnya.

Kapolres Purworejo AKBP Satrio Wibowo SIK mengemukakan, Febrisca harus bisa menerapkan bekal dan kemampuan yang diperoleh selama menekuni dunia modeling untuk mendukung tugas kepolisian. "Modeling mengajarkan sikap disiplin, lugas, murah senyum dan percaya diri. Sikap yang juga dibutuhkan dalam mendukung tugas polisi, sehingga saya harap Febrischa bisa menularkan sikap itu kepada polwan lain," tandasnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI