Marak Bencana Kebakaran, Purworejo Siaga

PURWOREJO, KRJOGJA.com –  Musim kemarau yang cukup panjang mengakibatkan bencana kebakaran terjadi di berbagai tempat. Bahkan hingga, Minggu (13/10/2019) di wilayah Kabupaten Purworejo tercatat bencana kebakaran terjadi 16 kali dan mengakibatkan warga kehilangan tempat tinggal.

“Musim kemarau ini termasuk banyak kejadian kebakaran di berbagai tempat,” kata Kepala Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Perlindungan Masyarakat (Linmas) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Purworejo H Budi Wibowo Ssos MSi.

Bencana kebakaran yang menimpa rumah penduduk itu menurut Budi Wibowo, mayoritas akibat keteledoran masyarakat dalam mengelola api. “Karena musim kering dan udara panas, sehingga jilatan api sedikit saja mudah membakar lainnya,” tandasnya.

Bencana kebakaran ini lanjut Budi Wibowo, sebagian besar terjadi karena keteledoran. Masyarakat kurang hati-hati dan tidak menyadari akan kondisi musim yang mudah terjadi kebakaran.

Disampig itu juga karena hubungan arus pendek listrik. “Kejadian ini ternyata karena warga kurang teliti dalam memelihara jaringan linstri, atau melakukan penyambungan instalasi dengan sembarangan,” tandasnya.

Percikan api dari hubungan arus pendek ini mudah membakar rumah kayu karena kondisi cuaca sangat kering dan panas. Penyebab lainnya, api untuk kebutuhan dapur yang terkadang masyarakat ceroboh atau meletakkan barang yang mudah terbakar di sekitar tungku. Bahkan ada yang teledor tidak mematikan api saat ditinggal pergi. (Nar)

BERITA REKOMENDASI