Masa Pandemi, Pemkab Tetap Ziarahi Makam Jelang Hari Jadi

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo tetap melaksanakan kegiatan ziarah makam para bupati menjelang pelaksanaan hari jadi kabupaten itu yang ke-190. Namun, masih berlangsungnya pandemi membuat pemkab melakukan pembatasan ketat dalam melaksanakan rangkaian kegiatan hari jadi itu.

Ziarah makam dilaksanakan secara terbatas dengan dipimpin Pelaksana harian (Plh) Bupati Purworejo Drs Said Romadhon MM, Selasa (23/2). Kegiatan diawali dengan ziarah ke makam Raden Singowijoyo di Desa Bragolan Kecamatan Purwodadi. Raden Singowijoyo merupakan ayah Bupati Purworejo pertama RAA Tjokronegoro I.

Setelah menyelesaikan doa, rombongan menuju ke kompleks makam RAA Tjokronegoro I, Tjokronegoro III, dan Tjokronegoro IV di Desa Bulus Kecamatan Gebang. Kemudian ziarah ke makam Adipati Tjokronegoro II di Kayulawang Kelurahan Mudal.

Plh Bupati Purworejo Drs Said Romadon MM mengatakan, ziarah tersebut bertujuan untuk mendoakan serta mengenang jasa-jasa para pendahulu. “Mereka telah berjasa besar meletakkan fondasi pembangunan di Kabupaten Purworejo, pada masa awal-awal berdirinya Purworejo,” ungkapnya menjawab pertanyaan KRJOGJA.com, usai ziarah.

Menurutnya, ziarah menjadi refleksi dari perjalanan panjang Kabupaten Purworejo. “Kita mendoakan almarhum, sekaligus introspeksi diri bahwa perjuangan untuk Purworejo sudah cukup panjang. Semoga dapat terus melaju hingga kemajuannya setara dengan daerah lainnya,” tegasnya.

BERITA REKOMENDASI