Masih Ditemukan Warga Purworejo Belum Dicoklit

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Purworejo masih menemukan puluhan rumah warga yang belum dilakukan pencocokan dan penelitian (coklit). Padahal tahapan coklit ini untuk Pemilu pemilihan bupati dan wakil bupati (Pilbup) Purworejo tahun 2020 sudah berakhir pertengahan bulan ini.

“Kita masih menemukan puluhan rumah warga yang ternyata belum dicoklit,” kata Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Purworejo Anik Ratnawati, SPd, Senin (24/08/2020).

Temuan ini katanya, didapat dari kegiatan audit yg dilakukan serempak seluruh pengawas se Purworejo. Dari hasil penelusuran ini msih ditemukan sedikitnya ada 34 rumah warga yang belum didatangi petugas coklit. “Ada 17 rumah yang dikunjungi Pengawas Kelurahan Desa (PKD) dan rumah sudah dicoklit tapi saat ditanya apakah petugas coklit memakai Alat Pelindung Diri (APD), pemilik rumah mengatakan bahwa petugas saat mencoklit tidak menggunakan APD. Padahal dalam aturannya bahwa semua petugas coklit harus menggunakan APD yang diberikan KPU,” jelasnya.

Dikatakan pula, dari beberapa pemilik rumah yang diambil untuk sampling audit terdapat perubahan elemen data pemilih. Bawaslu meminta perubahan elemen data tersebut sudah diperbaiki agar tidak salah saat ditetapkan menajadi Daftar Pemilih Sementara (DPS). “Ada pula rumah yang tidak dipasang stiker sebagai bukti telah dicoklit,” tambahnya. (Nar)

BERITA REKOMENDASI