Masih Zona Merah, Rencana Uji Coba PBM di Kebumen Dikritik

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Rencana sebuah SMP (Sekolah Menengah Pertama) di Kebumen untuk uji coba proses belajar mengajar (PBM) sistem tatap muka selama 4 hari di awal Juli 2020, menuai kritik sejumlah kalangan di Kebumen. Mengingat, jadwal uji coba itu berada di tengah kondisi zona merah Covid-19 di Kebumen.

“Menurut kami rencana itu tidak layak untuk dilakukan di tengah kondisi zona merah Covid-19 di Kebumen saat ini,” ujar Ketua Forum Peduli Anak Kebumen, Yuliana Muhartanti SPd, di Kebumen, Minggu (28/06/2020).

Selain kondisi zona merah Covid-19, Dinas Pendidikan (Disdik) Kebumen sampai 28 Juni 2020 belum mengumumkan resmi tentang sistem PBM sekolah di Kebumen tahun ajaran 2020/2021 yang dimulai 13 Juli 2020 mendatang. Akankah menggunakan sistem tatap muka atau daring (dalam jaringan).

“Sebaiknya ditunggu saja keluarnya pengumuman resmi Disdik Kebumen. Namun bila uji coba itu benar-benar akan dilakukan, sebaiknya meminta izin dulu kepada Disdik ataupun Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kebumen,” ujar Yuliana.

Izin tersebut diperlukan mengingat kegiatan itu nantinya akan melibatkan banyak orang, khususnya para siswa, dan secara teknis Disdik maupun Gugus Tugas nantinya akan mengirim tim pendampingan dan pengawasan.

BERITA REKOMENDASI