Masjchun Sofwan Awards Untuk Rangsang Kepedulian Persampahan

Editor: Agus Sigit

TEMANGGUNG, KRjogja.com – Pemerintah Kabupaten Temanggung meluncurkan Masjchun Sofwan Awards (MSA) tahun 2021 untuk merangsang peduli pengelolaan persampahan dan konservasi lahan. MSA juga sebagai wujud apresiasi atas pengabdian mengelola sampah dan konservasi lahan.

Bupati Temanggung Al Khadziq mengatakan diperlukan langkah-langkah untuk pelestarian dan penyelamatan lingkungan hidup terutama pengelolaan persampahan dan konservasi lahan di Temanggung. Diantaranya digelarnya MSA tahun 2021.

“MSA ditujukan pada individu/lembaga/kelompok/desa/kelurahan yang telah berkontribusi terhadap lingkungan,” kata Al Khadziq, pada peluncuran MSA tahun 2021, Kamis (2/9)

Dia menerangkan Masjchun Sofwan diambil dari nama Bupati Temanggung 1964-1978. ia terkenal sebagai pemimpin yang sangat peduli terhadap lingkungan. Dimasa kepemimpinannya berhasil menumbuhkan budaya hidup bersih seluruh warga Temanggung serta merintis dasar-dasar disiplin bagi aparat maupun masyarakat dengan keteladanan beliau yang sangat baik.

Dikatakan sebagai wujud langkah nyata Pemkab Temanggung meneruskan dan meneladani sosok Masjchun Sofwan pada tahun ini mulai menyelenggarakan kegiatan yang bernama MSA yaitu pemberian penghargaan dan apresisasi kepada masyarakat untuk bidang lingkungan hidup khususnya akan diberikan kepada desa dan kelurahan bebas sampah terbaik, desa dengan perencanaan terbaik bidang lingkungan hidup.

Kemudian juga diberikan kepada kelompok-kelompok masyarakat pengelola sampah terbaik, tokoh masyarakat peduli sampah, tokoh masyarakat peduli konservasi serta kelompok masyarakat peduli pegiat lingkungan hidup.

Selain itu, bersamaan dengan penyelenggaraan MSA juga akan diberikan penghargaan apresiasi Bupati Temanggung kepada pegiat sampah rumah tangga (PSRT) juga kepada fasilitator persampahan desa dan fasilitator persampahan kecamatan di Kabupaten Temanggung.

“Saya berharap seluruh elemen masyarakat mulai dari individu, desa, kelurahan, lembaga maupun kelompok masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini,” katanya.

BERITA REKOMENDASI