Masjid Tiban Al Iman Loano, Siasati Ibadah Demi Cegah Pandemi

RAMADAN Tahun 2020 berlangsung bersamaan dengan pandemi Covid-19. Situasinya berbeda dengan pelaksanaan ibadah puasa tahun lalu. Merebaknya virus membuat masyarakat meningkatkan kewaspadaan, termasuk dalam hal peribadatan.

Hal yang sama dilakukan di Masjid Jami Al Iman di Desa/Kecamatan Loano, yang dikenal sebagai Masjid Tiban, tempat ibadah tertua di Kabupaten Purworejo. Takmir masjid memberlakukan protokol kesehatan demi mencegah pandemi. “Peribadatan tetap berjalan, namun kami berlakukan kebijakan pencegahan virus,” ungkap marbot masjid, Muhammad Subehi, kepada KRJOGJA.com, Minggu (17/5/2020).

Masjid tetap melaksanakan salat wajib berjamaah dan tarawih. Namun, ada kegiatan yang dihilangkan yakni tadarus alquran setelah selesai salat tarawih.

Kebijakan pencegahan dilakukan dengan memeriksa suhu tubuh seluruh jamaah yang hendak salat berjamaah. Jamaah juga diminta mencuci tangan pakai sabun atau cairan ‘hand sanitizer’ sebelum masuk masjid. Jamaah juga diminta untuk tidak bersalaman untuk sementara waktu. “Kami juga jaga jarak, serta meminta jamaah yang tidak enak badan untuk menunda salat berjamaah di masjid,” ucapnya.

BERITA REKOMENDASI