Masker Lukis Omah Borobudur, Berdayakan UMKM Ditengah Pandemi

MAGELANG, KRJOGJA.com – Apa yang dilakukan Nuryanto, seniman, pengrajin, pelukis sekaligus pegiat pariwisata dari Desa Wanurejo, Borobudur, Kabupaten Magelang, patut diapresiasi. Hal ini karena ditengah Pandemi Covid-19, ia mampu memberdayakan UMKM disekitar Candi Borobudur yang tengah terpuruk akibat Covid-19, untuk terus berkarya dan berkreasi.

Berawal dari hobinya melukis, ia mencoba membuat lukisan siluet di Candi Borobudur dengan alas sebuah masker. Ternyata, hasilnya tidak ia duga sebelumnya. Ide kreatifnya ini diapresiasi banyak orang, bahkan bisa menjadi sebuah peluang ekonomi saat pandemi ini. Tak tanggung-tanggung, kini sudah ada yang memesan dari luar daerah.

“Saat ini sudah ada yang pesan. Untuk tema lukisannya tidak hanya candi borobudur, tapi candi prambanan, pura, destinasi, aktifitas pariwisata dan lainnya. Masker lukis ini saya katakan sebagai salah satu bentuk kegiatan seni untuk bertahan di tengah pandemi. Bukan aji mumpung mas, namun inilah cara bertahan kami di saat seperti ini,” katanya.

BERITA REKOMENDASI