Masuk ke Polres Magelang, Wajib Scan Barcode

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Memasuki Polres Magelang, saat ini ada yang harus dilakukan terlebih dahulu di dekat pintu masuk atau penjagaan. Tidak hanya bagi anggota Polres Magelang, tetapi juga masyarakat umum. Semuanya harus melakukan scan barcode aplikasi PeduliLindungi terlebih dahulu.

Ini seperti yang terlihat Rabu (06/10/2021), warga dan anggota Polres Magelang bergantian melakukan scan barcode menggunakan handphone (HP) atau smartphone miliknya. Sebelumnya, harus dilakukan pengunduhan aplikasi PeduliLindungi di HP atau smartphone miliknya.

Bahkan Kapolres Magelang AKBP M Sajarod Zakun SH SIK dan Waka Polres Magelang Kompol Aron Sebastian SIK MSi juga ikut berbaur memberikan penjelasan dan edukasi kepada masyarakat yang datang ke Polres Magelang. Kepada wartawan, Kapolres Magelang mengatakan scan barcode ini untuk mendukung program pemerintah.

Dengan penggunaan scan barcode ini akan dapat diketahui siapa saja yang masuk ke lingkungan kantor Polres Magelang, termasuk Polsek jajaran. Harapannya akan dapat diketahui kondisi mereka yang masuk ke lingkungan Kantor Polres Magelang.

Setelah melakukan scan, pada handphone (HP) seseorang akan muncul warna hijau, kuning, merah maupun hitam. Masing-masing warna ini memiliki penjelasan tersendiri. “Apabila ditemukan warna hitam, akan langsung dibawa ke Dokkes Polres Magelang untuk dilakukan pengecekan kembali apakah yang bersangkutan masih terpapar atau tidak,” katanya.

Manakala yang bersangkutan diketahui terpapar, lanjutnya, akan dikomunikasikan dengan Satgas Covid-19 Kabupaten Magelang untuk dilakukan isolasi terpusat (isoter). Sedang apabila warna yang muncul hijau atau kuning, diizinkan masuk ke lingkungan Kantor Polres Magelang dan Polsek jajaran.

Masyarakat terlebih dahulu mengunduh aplikasi PeduliLindungi di masing-masing HP yang dibawanya. Ini seperti yang terlihat Rabu kemarin, ada beberapa warga yang sudah mengunduh aplikasi tersebut dan bisa dengan cepat melakukan scan barcode.

Namun demikian ada juga warga yang belum mengunduh aplikasi, sehingga dilakukan edukasi cara mengunduhnya. Kapolres Magelang dan Waka Polres Magelang juga ikut memberikan edukasi tata cara mengunduh aplikasi tersebut.

Agus, salah satu warga yang datang ke Polres Magelang untuk mengurus BPKB, kepada wartawan diantaranya mengatakan hal ini dinilai sangat bagus agar semuanya lebih aman dan lebih sehat. Saat datang ke Polres Magelang, HP miliknya sudah ada aplikasi PeduliLindungi, sehingga mudah dan cepat melakukan scan barcode. (Tha)

BERITA REKOMENDASI