Masyarakat Diminta Patuhi Bayar Pajak

Editor: Ivan Aditya

Wakil Walikota Magelang meluncurkan program KSWP dengan memukul gong. (Foto : Thoha)

MAGELANG, KRJOGJA.com – Wakil Walikota Magelang Dra Windarti Agustina mengajak masyarakat untuk mematuhi membayar pajak, baik dalam konteks pribadi maupun badan usaha, sebagai wujud bakti warga negara yang baik dalam membangun negeri. Demikian antara lain disampaikan Wakil Walikota Magelang di forum launching program Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP) di Ruang Sidang Lantai I Setda Kota Magelang, Rabu (04/10/2017).

Didampingi Kepala Kanwil Direktirat Jenderal Pajak Jawa Tengah II (DJP Jateng II) Rida Handanu, Wakil Walikota Magelang memukul gong beberapa kali sebagai tanda diluncurkannya program KSWP di Pemerintah Kota Magelang. Wakil Walikota Magelang sangat mengapresiasi dan mendukung penuh terhadap programn KSWP tersebut.

Ia berharap agar para wajib pajak mengerti, memahami, dan mendukung keberhasilan KSWP sebagai bentuk dukungan terhadap upaya memperkuat administrasi perpajakan. "KSWP merupakan salah satu langkah konkret pelaksanaan instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2015 Tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi," terangnya.

Melalui KSWP, lanjutnya, pemenuhan kewajiban perpajakan masyarakat menjadi prasyarat untuk menerima layanan publik tertentu. Termasuk layanan perizinan yang dijalankan oleh pemerintah daerah, seperti izin mendirikan bangunan, izin usaha perdagangan maupun lainnya.

"Keberhasilan KSWP ditentukan oleh kemitraan yang solid antara Ditjen Pajak melalui KPP Pratama Magelang dan Pemkot Magelang. Untuk dapat bekerja secara efektif dan efisien sesuai dengan kewenangan, serta tugas pokok dan fungsi masing-masing," tambahnya.

Menurutnya, Pemerintah Kota Magelang akan berupaya maksimal dalam mendukung keberhasilan KSWP. Tidak hanya sebagai wujud komitmen mencegah dan memberantas korupsi, namun lebih karena KSWP sebagai langkah strategis menuju administrasi pajak ideal.

"KSWP juga akan membantu meningkatkan penerimaan daerah dalam menjaring wajib pajak yang belum terdaftar. Serta wajib pajak yang telah terdaftar namun tidak pernah melaporkan SPT Tahunannya," jelas Windarti.

Kepala KPP Pratama Magelang, Wiratmoko menambahkan, target dari launching KSWP di Kota Magelang diantaranya adalah meningkatkan kepatuhan para wajib pajak. "Selama ini, kendala pencapaian pajak yang tidak memenuhi target terutama adalah kepatuhan wajib pajak yang masih rendah," ungkapnya.

KSWP, kata dia, adalah kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah daerah sebelum memberikan layanan publik tertentu untuk memperoleh keterangan status wajib pajak. "Keterangan yang dimaksud adalah validitas NPWP dan kewajiban perpajakan dua tahun terakhir," tandasnya. (Tha)

BERITA REKOMENDASI