Masyarakat Ingin CFD Kebumen Diperluas

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Hari bebas asap kendaraan atau 'car free day (CFD)' Kebumen yang diselenggarakan setiap Minggu pagi di kawasan Alun-Alun Kebumen  selama 3 jam sejak pukul 06.00 hingga 09.00, oleh banyak warga masyarakat di Kebumen dinilai berdampak positip bagi peningkatan kualitas udara di lokasi CFD.

"Karena itu, banyak warga masyarakat yang menginginkan agar CFD diperluas, tak hanya di kawasan Alun-Alun Kebumen saja. Selain itu, banyak pula yang  menginginkan waktu pelaksanaannya diperpanjang hingga 3 jam," ujar Ketua Forum  Peduli Lingkungan (FPL) Kebumen, Ir Sunaryo, di Kebumen, Jum'at (09/02/2018).

Kawasan Alun-Alun Kebumen menurut Sunaryo merupakan salah satu kawasan yang
ruas-ruas jalannya padat dengan kendaraan bermotor setiap harinya. "Dengan dibebaskannya kawasan tersebut dari hiruk pikuk kendaraan bermotor  walau hanya selama 3 jam saja, masyarakat bisa menikmati udara yang segar di  lokasi itu sambil berolahraga dan berwisata," jelas Sunaryo.

Kabid Penaatan dan Pengkajian Lingkungan Hidup Dinas Perumahan  Kawasan  Perumahan dan Lingkungan Hidup (Disperumkimlh) Kebumen, Siti Durotul Yatimah SIP,  di ruang kerjanya, Jum'at (09/02/2018), menyatakan belum bisa menentukan waktu realisasi perluasan lokasi CFD dan dimana lokasinya. (Dwi)

BERITA REKOMENDASI