Masyarakat Rentan, Mudah Membuat Paspor

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Masyarakat kelompok rentan seperti penyandang disabilitas, ibu hamil/menyusui, lansia diatas 60 tahun dan balita kini mendapatkan kemudahan dalam pelayanan pembuatan paspor baru dan penggantian melalui program Si Jempol Keren.

Program ini diluncurkan guna menindaklanjuti zona integritas bebas dari korupsi yang dicanangkan Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Wonosobo. ”Ini merupakan upaya untuk mempermudah masyarakat, terutama di wilayah yang sulit untuk menjangkau Kantor Imigrasi,” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Wonosobo Ketut Arif usai Rapat Tim Pengawasan Orang Asing (PORA) Tingkat Kabupaten dan Kecamatan se Kabupaten Purworejo, Rabu (24/06/2020).

Inovasi pelayanan Kantor Imigrasi ini diluncurkan awal tahun ini. “Inovasi ini dibuat guna peningkatan pelayanan bagi masyarakat, terutama bagi kelompok rentan,” tandasnya.

Program ini sekaligus menindaklanjuti zona integritas bebas dari korupsi. “Kami hadir di Purworejo, jadi tidak perlu repot datang ke Wonosobo. Cukup datang di Kantor Sekretariat Daerah Purworejo, setiap hari Selasa dan Kamis. Mudah-mudahan invosi ini mendapatkan apresiasi dan sambutan baik dari masyarakat,” katanya berharap.

Sedang untuk persyaratan sama seperti yang biasa dipersyaratkan dalam pengurusan paspor, melampirkan KTP, kartu keluarga (KK), dan akta kelahiran. Untuk balita harus ada data dari orang tuanya. “Biaya hanya Rp 350 ribu dan bisa dibayarkan di 76 bank persepsi,” jelas Ketut Arif. (Nar)

BERITA REKOMENDASI