Mata Dewa: 70 Persen Pemilik Tanah Setuju Pembebasan

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Kurang lebih 70 persen pemilik tanah terdampak pembangunan quarry atau tambang batu di Desa Wadas Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo, menyatakan setuju dengan rencana pembebasan lahan yang akan dilakukan pemerintah. Mereka difasilitasi Komunitas Masyarakat Terdampak Desa Wadas (Mata Dewa), mengumpulkan berkas SPPT dan KTP secara sukarela sebagai bentuk persetujuan atas rencana pemerintah memanfaatkan lahan mereka untuk mendukung pembangunan Bendungan Bener.

Korlap Komunitas Mata Dewa Sabar mengatakan, terdapat 448 pemilik yang lahannya dinyatakan masuk dalam lokasi pembangunan quarry. “Sebanyak 70 persen menyatakan setuju, berdasarkan data KTP dan SPPT yang telah terkumpul pada kami,” terangnya menjawab pertanyaan KRJOGJA.com, Rabu (21/4/2021).

Menurutnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menetapkan lokasi Desa Wadas sebagai quarry atau tambang batu bendungan. Dalam penetapan, ada sekitar 600 bidang tanah dengan luas kurang lebih 160 hektare yang dinyatakan terdampak.

BERITA REKOMENDASI