Maturitas SPIP Kebumen Capai Level 3

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Dalam hal Maturitas SPIP (Sistem Pengendalian  Internal Pemerintah ) dari skala 1 sampai 5 Kebumen kini berhasil mencapai level 3 dengan nilai CC.

"SPIP adalah sebuah sistem yang integral, prosesnya harus dilakukan  terus menerus, harus di'update' setiap hari," ujar Kepala Perwakilan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan Daerah Istimewa  Yogyakarta  (DIY), Slamet Tulus Wahyana MAk, dalam acara Gelar Pengawasan Daerah  Kabupaten Kebumen, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen, Kamis  (12/09/2019).

Di hadapan peserta acara, diantaranya Bupati Kebumen, KH Yazid Mahfudz, beserta para pejabat eselon II dan III Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Kebumen, Slamet Tulus memaparkan sejumlah kriteria agar Kebumen bisa  naik ke level 4 dan 5.

"Salah satunya, karyawan harus memiliki budaya untuk selalu  melaksanakan SPIP. Disamping kriteria lain seperti integritas dan  etika atau perilaku, serta sinergi yang baik antar OPD (organisasi  perangkat daerah) dan sistem komputer yang terintegrasi satu sama lain," papar Slamet.

Adapun pembicara lainnya, Kepala Biro Organisasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah, DR Imam Sudrajat, mengungkapkan bahwa saat ini Pemprov Jawa Tengah benar-benar sudah mempraktekkan sistem birokrasi yang bersih. Termasuk, dalam hal pelelangan proyek.

"Sesuai dengan program pemerintah pusat, kita harus siap untuk  menjadi birokrasi berkelas dunia di tahun 2025 mendatang, dengan  memulainya sejak sekarang. Targetnya adalah birokrasi yang efektif,  efisien, jujur dan akuntable dengan pelayanan publik yang semakin baik," ujarnya. (Dwi)

BERITA REKOMENDASI