Mau ke Wonosari, Pemudik Kecelakaan di Daendels, Empat Tewas

PURWOREJO,KRJOGJA.com – Minibus yang ditumpangi keluarga pemudik tujuan Wonosari, Gunungan, Yogyakarta mengalami kecelakaan tungal di Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) atau Jalan Daendels, Desa Nampurejo Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo, Senin (26/6/2017) pukul 04.30. Empat penumpang mobil B 1047 KVH yang terdata sebagai warga Porus Gaga Baru Batu Ceper Tangerang, tewas di lokasi kejadian.

Korban tewas dalam kecelakaan terdiri atas Painah, Asmudah, Bagus Ainur Fikri (3,5) dan Afian Nuaar Sabela (20). Sementara luka-luka atas nama Wawan (sopir), Sarmiyati (45), Nursin dan Fifiana.

Warga Nampurejo, Reyhan mengatakan, belum diketahui penyebab kecelakaan tersebut. Sebagian warga masih berada di rumah ketika kejadian.

"Kemungkinan sopir lelah saat sampai Purworejo," ujarnya saat dihubungi KRJOGJA.com.

Kecelakaan selepas azan subuh itu mengagetkan warga. Puluhan warga Nampurejo dan polisi yang berjaga di pos UKL Nampurejo, mengevekuasi para koban.

Empat penumpang mobil tewas dilokasi kejadian. Empat lainnya luka serius dan dilarikan ke RSUD Wates, RS Amalia Temon Kulonprogo dan RSUD Tjitro Wardoyo Purworejo.

Ditambahkan, dari olah tempat kejadian yang dilakukan Satlantas Polres Purworejo, terlihat kendaraan korban melaju dari arah Kebumen. Namun mendekati lokasi kejadian, mobil tiba-tiba oleng kekiri, keluar jalan dan terguling. "Mobil terguling dan baru berhenti setelah menabrak rumpun pohon pidang dan jeruk," tuturnya.

Kepala Pos Pengamanan Nampurejo AKP Sumardi menuturkan, petugas dan warga memprioritaskan evakuasi para korban. Sementara untuk penyelidikan atas kecelakan itu, diserahkan ke Satlantas Polres Purworejo.

"Penyebab masih dalam penyelidikan unit kecelakaan Satlantas Polres Purworejo," ucapnya. 

Menurutnya, Jalan Daendels sangat rawan kecelakaan. Bahkan hampir seluruh peristiwa berakhir fatal dengan jatuhnya korban tewas. Kerawanan itu muncul karena aspal Daendels halus, lurus, tidak padat dan minim penerangan jalan.

"Waspada, jalan lurus, halus dan sepi membuat pengemudi tidak sadar telah memacu kendaraan dalam kecepatan tinggi. Terlena sedikit, fatal akibatnya," tandasnya.(Jas)

 

BERITA REKOMENDASI