MDMC-LAZISMU Magelang Bantu Air Bersih Warga Kekeringan

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG, KRJOGJA.com – Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Kabupaten Magelang, bersama Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Magelang dan didukung Lazismu dan Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Kabupaten Magelang, melaksanakan distribusi air bagi warga yang membutuhkan di 2 wilayah kecamatan, yaitu Grabag dan Borobudur.

Dipilihnya dua kecamatan ini berdasarkan assesment (penilaian) yang telah dilakukan oleh para relawan MDMC dan Lazismu Kabupaten Magelang sebelumnya. Dari assesment yang dilakukan, ada  beberapa desa di kedua kecamatan tersebut membutuhkan suplay air bersih bagi warganya untuk  mencukupi kebutuhan sehari-hari.

“Droping air ini adalah respon tahap pertama MDMC dan Lazismu Kabupaten Magelang terhadap kekeringan yang melanda beberapa daerah di Kabupaten Magelang tahun ini. Sementara untuk tahap kedua akan dilaksanakan rencananya mulai Sabtu, 5 Oktober 2019,” kata Ketua MDMC Kabupaten Magelang Asroni.

Sekretaris MDMC Kabupaten Magelang Anang Arfianto, yang mengkoordinir secara teknis pelaksanaan dropping air, mengatakan droping air yang dilaksanakan dalam tahap pertama ini untuk Kecamatan Grabag dan Kecamatan Borobudur. “Untuk Borobudur baru berjalan sekali droping, dan rencananya akan kami lanjutkan di tahap kedua," katanya sambil menambahkan droping di Borobudur dilakukan bekerjasama dengan BPBD Kabupaten Magelang yang menyediakan armada tangkinya untuk dipinjam mengangkut air.

Droping air bersih MDMC Kabupaten Magelang ini operasionalnya didukung Lazismu Kabupaten Magelang. Ketua Lazismu Kabupaten Magelang Imron Rosyidi mengatakan pihaknya selalu menyisihkan dana dari donatur untuk keperluan respon penanggulangan bencana. (Tha)

 

 

BERITA REKOMENDASI